Tahukah anda? bahwa level support dan resistance adalah level dimana Anda bisa menentukan titik tertinggi ataupun terendah dari pergerakan harga pasar. Dengan demikian Anda mempunyai gambaran yang jelas mengenai kapan dan dimana kondisi market mulai berfluktuasi dan seberapa jauh pergerakan itu akan terjadi.

Dengan memanfaatkan level support dan resistance simplenya Anda bisa dengan mudah mengetahui sampai dimanakah trend (price movement) berlangsung, baik ketika harga bergerak naik dan kemudian berbalik arah ataupun sebaliknya ketika harga turun hingga kemudian bergerak naik.

Nah agar lebih jelas, pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana dan seperti apa itu analisa trading menggunakan level support resistance, serta bagaimana cara menentukannya.

Mengenal apa itu level support dan resistance Apa itu support & Resistance?

Anda pasti pernah mengalami dimana harga sering kali berbalik arah secara extreme bukan?

Misal, ketika OP dengan mengambil posisi buy EURUSD di harga 1.3450 Anda berkeyakinan harga akan terus bergerak naik, namun malang pergerakan harga malah mendadak turun hingga menyentuh stop loss Anda di  angka 1.3410. Ataupun  sebaliknya ketika Anda mengambil transaksi dengan posisi sell Anda malah mendapati harga bergerak naik.

Ya support resistance adalah batas tertinggi atau terendah dari pergerakan harga, dimana dalam range tersebut harga  tertahan, tidak akan bisa tertembus dan bergerak lebih jauh lagi dalam trend yang sama.

“Support adalah batas terendah dari pergerakan harga sementara resistance adalah batas tertinggi dari pergerakan harga.”
Faktor yang berkaitan dengan level support dan resistance Level support & resistance erat kaitannya dengan hukum suplay and demand, dimana akan terciptanya suatu kondisi titik jenuh pasar yang membuat trend perlahan berbalik dan mencari pergerakan baru atau malah akan terus berlanjut.

Harga berbalik dan mencari trend baru

Saat pergerakan harga mendekati garis support, pasar akan bereaksi secara psikologis menganggap harga sudah terlalu rendah dan berada pada titik jenuh (over sold). Dan karena pergerakan harga yang sudah terlalu rendah akan menimbulkan minat pasar untuk melakukan aksi beli. Tekanan aksi beli yang jauh lebih tinggi dibanding aksi jual akan menyebabkan pergerakan harga beranjak naik dan membentuk trend baru.

Sementara pada saat pergerakan harga mendekati garis resistance, pasar akan menganggap harga sudah terlalu tinggi dan berada pada titik jenuh (overbought). Karena terciptanya pergerakan harga yang bergerak sudah terlalu tinggi maka akan timbul minat pasar untuk segera melakukan aksi jual. Dengan tekanan aksi jual yang jauh lebih banyak ketimbang aksi beli maka pembalikan trendpun segera terjadi pada level resistance tersebut.

Harga terus menembus level support dan resistance (breakout)

Meski demikan sebaiknya Anda tidak lupa, adakalanya dimana pergerakan harga bergerak menembus level – level support dan resistance. Apabila pergerakan harga terus bergerak menembus level support & resistance ini, maka bisa di sebabkan oleh dua faktor, yaitu:

  1. Percobaan harga untuk menembus level support jauh lebih banyak ketimbang percobaan dimana harga menembus garis resistance atau sebaliknya.
  2. Berkaitan dengan faktor suplay & demand, dimana pada tertembusnya level support diakibatkan oleh jumlah aksi jual yang masih lebih banyak dibanding aksi beli atau pada kondisi tertembusnya garis resistance dimana jumlah aksi beli masih mendominasi pasar ketimbang aksi jual.
Jangan heran jika seandainya Anda meilihat mengapa ada pergerakan harga yang berungkali menembus garis resistance atupun garis support, hal tersebut akan  berkemungkinan terus terjadi selama  jumlah transaksi yang berlawanan saling terus menekan satu sama lain.

Simpel Trading dengan Memanfaatkan level Support dan Resistance Support dan resistance merupakan gambaran perkiraan dimana daya ungkit terhadap pergerakan harga telah mencapai titik jenuhnya. Baik ketika aksi beli yang berlebihan yang menyebabkan pasar dalam kondisi overbought ataupun ketika aksi jual yang berlebihan hingga pasar menyentuh titik jenuh oversold.

Dari sisi hukum suplay and demand kita dapat menarik kesimpulan bahwa penawaran / penjualan secara berlebihan akan membuat trend berada dalam kondisi bearish dan permintaan/pembelian dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan trend pada kondisi bullish.

Bagi para trader, dengan mengetahui level – level tersebut mereka bisa menentukan posisi yang ideal bagi mereka untuk memasuki pasar sekaligus berfungsi untuk mengoptimalkan profit yang ditargetkan. Namun sebelumnya Anda tentu sudah harus terlebih dahulu memahami bagaimana caranya menentukan level support dan resistance tersebut.

Dengan apa serta bagaimana kita bisa menentukan dimana terciptanya level level support resistance tersebut? Pembahasan selengkapnya akan kita ulas pada artikel minggu depan don’t miss it………..
10/27/2014 12:46:49 pm

Sudah banyak sekali membaca artikel tentang level support dan resistenci ini namun saya masih mengalami kesusahan saat ambil posisi sell or bay dengan menggunakan teknik res dan support ini, semoga dengan membaca artikel ini semakin paham saya nantinya demi mendapatkan profit dari forex, salam kenal

Reply
8/2/2016 11:41:32 pm

<a href="http://www.hotforexasian.com" rel="nofollow">Bonus Deposit 100%</a> –Sudahkah anda berbisnis forex trading?, bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex <a href="http://www.hotforexasian.com"
rel="nofollow">hotforexasian.com</a>
-----------------
Kelebihan Bertransaksi di HotForex
1. HotForex Memberikan Bonus Deposit 100% pada akun anda
2. Trading di HotForex dimulai dari 0 spread
3. Deposit Mulai dari 70 Ribuan atau 5 usd
4. Memiliki regulasi yang benar FSC
5. Perusahaan HotForex Berdiri Sejak Tahun 2010
6. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, MANDIRI, BRI DAN FASAPAY
7. Hotforex juga menyediakan akun PAMM dimana anda dapat menitip dana kepada perusahaan untuk di kelola dan
banyak lagi kelebihan yang lainya, daftar segera disini <a href="http://www.hotforexasian.com"
rel="nofollow">hotforexasian.com</a>.
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : efx2009

Reply
3/24/2017 11:07:05 pm

Every beginner knows what is forex trading but the only one question for them is to how to start. As of now there are many tools, trading systems and software that are in use in daily trading.

Reply
Angga Annisa
10/4/2017 04:32:22 pm

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berulang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: ([email protected]) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: ([email protected])) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Reply
Annisa Ahmad
2/12/2018 11:27:55 pm

Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {[email protected]} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {[email protected]} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
Assalamu`alaikum wr wb,

Reply
Mahammad ismali
3/15/2018 07:16:18 am

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane ([email protected]), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: [email protected]
dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email [email protected]

Reply



Leave a Reply.


Status YM